Time Management

Diposting oleh yamiyummy | Jumat, November 09, 2012 | , , , | 0 komentar »

Sumber image : http://balancinglifetips.wordpress.com/

Review Artikel ini dapat dibaca di Shvoong

Assalamu'alaikum my blog reader..... Maaf ya udah lama banget saya gag posting sesuatu. Masalahnya saya sedang asyik mengasuh malaikat2 kecil saya nih hehehe....

Hari ini saya mau ngomongin soal manajemen waktu alias time management. Hadeuh kalo udah ngomongin soal waktu kadang kita gag nyadar ya betapa waktu itu sangat sangat berarti. Pernah gag ngerasa kalau 24 jam sehari itu kayaknya singkat banget dan kadang kerasa gag cukup apalagi ketika kita sedang banyak kerjaan dan sedang dikejar deadline. Kalau saya sih sering banget ngerasa kalau 24 hours a day isn't enough.

Ketika saya masih jadi wanita karier saya membayangkan alangkah enaknya kalau jadi ibu rumah tangga, gag usah tergopoh-gopoh di pagi hari sibuk nyiapin diri ke kantor sekalian sibuk ngurus suami dan anak pula. Gag usah ketakutan telat masuk kantor, gag usah stress ketika di tengah jalan macet atau kendaraan umum sedang demo, gag usah bete ketika kena marah boss, gag usah khawatir mikirin anak di rumah, gag usah capek berpanas2 atau berhujan2 ria ketika berangkat atau pulang kantor dsb dsb. Kebayang juga pasti enak bisa tidur siang setiap hari, bisa nonton TV sampai puas, bisa leyeh2, bisa bermalas-malasan dan aneka kesenangan duniawi lainnya ahaiiii....

Tapi ketika saya sedang jadi ibu rumah tangga murni sayapun mikir alangkah enaknya jadi wanita karier. Pagi2 udah dandan cantik dan wangi gag usah ribet dengan cucian kotor, pusing dengan setumpuk piring kotor, bete karena gag punya uang sendiri lantaran uang yang ada sangat terbatas dan itu adalah jatah bulanan yang harus dijaga ketat supaya bisa sampai pada masa gajian berikutnya, sedih karena kadang ingin beli ini itu tapi gag punya uang, stress dengan image ibu rumah tangga yang kadang dipandang sebelah mata oleh orang lain dan kadang capek banget ngurus anak dan segudang kerjaan yang serasa gag ada habisnya.

Dua deskripsi saya di atas itu menunjukkan betapa gag bersyukurnya saya atas apa yang sedang saya jalani dan saya dapatkan.

Nah, ketika terakhir kalinya saya resign dari kantor terakhir saya bekerja saya membuat sebuah titik balik dalam hidup saya yaitu kali ini saya harus bersyukur pada apa yang saya miliki, siap dengan segala konsekuensi yang saya ambil, mau merubah hidup saya untuk menjadi lebih baik ke depannya dan bertekad memanfaatkan setiap waktu yang saya punya untuk melakukan hal2 yang bermanfaat..

Saya kembali pada rutinitas rumahan saya dan kali ini saya melakukannya dengan syukur. Saya bersyukur bisa melayani semua kebutuhan suami dan anak saya di saat begitu banyak wanita yang tidak punya kesempatan untuk melakukannya. Saya bersyukur bisa mencium anak saya kapanpun saya mau, bisa melihat canda tawa dan rengekan manjanya, bisa dibuat pusing oleh ulah nakalnya dan bisa merawatnya dari ujung kepala sampai ujung kakinya dikala banyak para ibu lain tak bisa melakukannya. Saya tak lagi peduli dengan pandangan miring orang karena saya bahagia bisa selalu berada di rumah, berada di samping kedua buah hati saya, menghabiskan waktu bersama mereka. Saya tidak perduli apa pendapat orang tentang saya karena saya lebih memilih memperdulikan apa pendapat hati nurani saya...

My blog reader, kalau anda pernah merasa bersalah tiap kali meninggalkan buah hati di rumah karena anda harus bekerja, saya juga pernah merasakannya. Tapi berkompromilah dengan keadaan. Syukurilah apa yang sedang anda lakukan dan berjuanglah untuk bisa punya lebih banyak waktu dengan mereka. Dan bila anda adalah seorang ibu rumah tangga murni janganlah merasa sedih atau rendah diri dengan status anda tapi manfaatkanlah waktu yang ada semaksimal mungkin untuk merawat, membesarkan dan mendidik buah hati dengan kesungguhan hati. Insya Allah dengan rasa syukur apapun yang sedang kita jalani dan apapun yang kita dapatkan akan terasa begitu nikmat dan berkah.

Terus gimana dong manage waktu yang bener itu ??? Hehehe...saya sendiri gag bisa kasih rahasianya kok coz soal memanage waktu itu beda2 buat tiap orang tergantung kondisi masing2. Tapi saya share dikit yang biasa saya lakukan ya sbb :

1. Bangunlah lebih awal. Dengan bangun lebih awal mood kita biasanya lebih bagus ketimbang kalau kita telat bangun. Mood yang bagus dipagi hari akan membuat the rest day juga jadi baik. Dengan bangun lebih awal kita punya kesempatan absen dulu pada Yang Maha Kuasa dengan bertahajjud dan bermunajat padaNya dan jangan lupa lanjutkan dengan sholat sunnah fajar dan juga sholat fajarnya ya (sholat subuh).

2. Aturlah waktu dan jangan sampai mau diatur oleh waktu. Artinya, kendali ada ditangan kita. Bila kita sampai telat sholat karena sibuk dengan pekerjaan, anak2 tak terurus karena kita sibuk facebook-an dan chatting berarti kita telah diperbudak waktu. Sesibuk apapun kita berhentilah ketika azan sudah berkumandang. Biasakanlah sholat tepat waktu dan tunaikan juga sholat2 sunnah rawatibnya. Dengan selalu sholat tepat waktu hati jadi tenang maka apapun yang kita lakukan selanjutnya akan lebih bernilai dan berkualitas. Memasak dengan hati tenang akan beda hasilnya dengan memasak tapi hatinya sedang resah dan gundah gulana lho....

3. Belajar untuk bisa multitasking atau melakukan beberapa pekerjaan secara simultan. Nah lho gimana ya caranya melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan, nanti hasilnya gimana ??? Jangan khawatir my blog reader, dengan latihan yang kontinyu bisa kok...Contohnya, masak sambil cuci piring, momong anak sambil membalas email2 inquiry dari customer (untuk yang bekerja dari rumah), dsb.

4. Belajarlah menentukan skala prioritas. Kadang yang membuat agenda harian kita kacau adalah kalau kita tidak bisa menentukan skala prioritas alias menentukana mana pekerjaan yang harus kita dahulukan dan mana yang bisa ditunda. Parahnya lagi saking bingungnya akhirnya tak ada satupun pekerjaan yang akhirnya dikerjakan...Sebagai contoh : Kalau sudah waktunya makan siang tentunya akan lebih penting untuk menyiapkan makanan kan ketimbang mencuci ? Kalau cucian piring sedang menumpuk akan lebih bijaksana kan kalau menonton TV, ber BBM ria atau facebook-an dikesampingkan dulu ??

5. Tidurlah lebih awal. Kalau kita punya aktivitas yang segunung, maka menjaga waktu istirahat sangat penting karena ini ada kaitannya dengan kondisi tubuh. Kalau sering begadang dan besoknya harus kerja keras sepanjang hari maka lama kelamaan kondisi tubuh kita bisa drop dan kalau kita sakit tentunya seluruh pekerjaan akan terbengkalai, anak2 tak ada yang mengurus dengan baik dan seluruh rencana yang mungkin telah diatur dengan rapi akan jadi berantakan. Walhasil rugi deh judulnya...

Nah mungkin gitu aja ya my blog reader postingan saya kali ini, mudah2an bermanfaat. Insya Allah lain waktu kita sharing lagi yaa...


(Baca reviewnya di http://id.shvoong.com/how-to/careers/2363823-tips-time-management/)

0 komentar

Posting Komentar