Versi Shvoong dapat dilihat di  http://bit.ly/1426mSW


Rose dan keluarganya masih tinggal di kota Mansfield. Saat itu Rose sedang berada di penghujung abad ke 19 dan ia sangat antusias menanti datangnya abad yang baru. Rose berharap masa depan, dengan semua kenyamanan baru yang menakjubkan, akan berubah. Pada awalnya Rose tak terlalu suka dengan kehidupan kota namun lama kelamaan walau terasa bising dan tinggal di kota menimbulkan pekerjaan tambahan untuk merawat rumah besar tetapi Rose semakin senang menjadi gadis kota. Ia selalu merasakan kegairahan hidup apalagi ia juga kini punya teman-teman baru yang menyenangkan.

Walaupun tinggal di kota namun Pa sering mengendarai kereta gerobaknya menuju tanah pertanian terutama bila ia tidak begitu sibuk mengantarkan muatan menuju dan dari stasiun atau mengirimkan minyak batu bara untuk Pak Walters. Ma dan Rose kadang ikut membantu memelihara kebun buah apel yang masih muda yang akan segera berbuah untuk pertama kalinya pada musim gugur yang akan datang. 

Hal yang berbeda dialami Rose di sekolah. Ia tidak merasa gembira di sekolah karena merasa bosan dengan pelajaran yang diberikan Profesor Bland. Rose selalu berada di depan diantara para murid yang lain dalam pelajaran. Setiap ada kesempatan ia selalu menggunakannya untuk membaca. Ma mengajarnya mata pelajaran berhitung, geografi dan sejarah di rumah sehingga ia selalu tahu sesuatu yang belum diajarkan oleh gurunya di sekolah. 

Rose dan keluarga terus bekerja keras untuk mendapatkan kembali hasil kerja keras mereka dan kembali ke tanah pertanian lereng bukit . Setelah tahun-tahun panjang yang berat akhirnya mereka dapat memanen kebun apel mereka untuk pertama kalinya. Walau hasil yang didapat belum seperti yang mereka harapkan namun Rose dan keluarga tetap tegar menyongsong masa depan mereka.

Diakhir buku ini dikisahkan kegagalan Rose masuk ke akademi Pegunungan Grove. Namun Eliza Jane, kakak perempuan Pa yang kebetulan sedang berkunjung kemudian menawarinya untuk masuk ke sebuah sekolah tinggi di Crowley, Louisiana, kota tempat tinggal Eliza Jane. Ma dan Pa tentu sangat berat melepas Rose, namun keinginan Rose begitu kuat untuk berhasil dalam pendidikan sehingga akhirnya kedua orang tuanya mengizinkan Rose untuk belajar di Louisiana.

Sumber : http://id.shvoong.com/books/novel-novella/2362232-fajar-baru-di-lereng-bukit/


(Tulis sendiri review/ringkasan buku-buku favorit anda dan dapatkan dollar sebagai bayarannya, buruan gabung. Klik http://www.shvoong.com/aff-BAA59/)

0 komentar

Posting Komentar