Review Buku Maryamah Karpov By Andrea Hirata

Diposting oleh yamiyummy | Rabu, Maret 20, 2013 | | 0 komentar »


Versi Shvoong dapat dilihat di http://bit.ly/ZYSnrJ

 
Maryamah Karpov merupakan buku pamungkas dalam tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Buku ini menceritakan lanjutan kisah Ikal yang telah diceritakan sebelumnya seperti masa kanak-kanaknya bersama anggota laskar pelangi lainnya yang tertuang dalam buku Laskar Pelangi, cerita tentang masa berat Ikal semasa SMA yang tertuang dalam buku Sang Pemimpi dimana ia mematrikan tekad untuk bersekolah di Universitas Sorbonne, Perancis dan bagaimana ia menaklukkan Eropa dan Afrika dalam buku Edensor. 

Setelah usai menimba ilmu di Perancis, Ikal akhirnya kembali ke tanah air, kembali ke Belitong. Kerinduan pada sang ayah membuat Ikal rela menempuh perjalanan panjang nan berat. Tak terkira bagaimana perjuangannya menaiki kapal laut yang sarat penumpang hingga harus meniti tali titian setinggi dua puluh meter untuk turun dari kapal dan masuk ke perahu nelayan hingga akhirnya ia bisa menginjak tanah Belitong kembali. 

Di Belitong ikal kembali bertemu sepupunya Arai yang telah tiba lebih dulu di Belitong karena ia dipulangkan dari Sorbonne gara-gara penyakit astma bronchiale. Arai sendiri akhirnya berhasil mendapatkan hati Zakiah Nurmala, seorang gadis yang selalu dikaguminya sejak dulu, sementara Ikal masih terus berjuang untuk bisa bertemu lagi dengan cinta sejatinya yaitu A Ling. 

Pencarian Ikal akan A Ling telah ia mulai sejak menjelajah Eropa dan Afrika dulu dan hingga kembali ke Belitong ia terus berharap suatu saat akan kembali menemukan gadis pujaannya itu. Dan demi mengejar secuil informasi tentang A Ling, Ikal bahkan sampai nekat menerima tantangan dari orang sekampungnya untuk membuat sebuah perahu. 

Awalnya memang sulit bagi Ikal untuk membuat sebuah perahu namun Lintang, salah seorang teman semasa kecilnya dulu yang ia kenal begitu pintar, telah membantunya membuat sebuah perahu yang baik. Ikalpun mulai berlayar mencari A Ling dan akhirnya ia memang berhasil menemukan A Ling.

Setelah bertahun-tahun merindukan A Ling, Ikal akhirnya bahagia dapat bertemu lagi dengan gadis yang begitu dipujanya dan iapun kemudian bermimpi dapat meminang sang gadis pujaan hatinya. Namun impiannya langsung runtuh manakala sang ayah dalam kebungkamannya ternyata menolak permintaan Ikal untuk meminang A Ling.


(Tulis sendiri review/ringkasan buku-buku favorit anda dan dapatkan dollar sebagai bayarannya, buruan gabung. Klik http://www.shvoong.com/aff-BAA59/)

0 komentar

Posting Komentar